Umrah Jadi Jalur TKI Ilegal, Begini Cara Menghilang Saat di Arab

19 May 2017
ilustrasi ilustrasi GOOGLE

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Bakti Buwono

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Umrah ke Tanah Suci memang menjadi salah satu modus keberangkatan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ilegal.

Ketua Asosiasi Muslim Pengusaha Umroh dan Haji Indonesia (Amphuri) Jateng-DIY, Endro Dwi Cahyono, menyatakan para TKI ilegal biasanya menyasar biro umrah yang menawarkan paket perjalanan paling irit atau ekonomis.

"Yang paling penting dapat visa umrah. Sampai sana (Arab Saudi) menghilang," kata Endro, Jumat (19/5/2017). Menurutnya, ada berbagai cara agar peserta terlepas dari rombongan umrah.

Sepengetahuannya, mereka yang berencana menjadi TKI ilegal sudah punya kenalan di Arab Saudi. Waktu menghilang bisa saat tiba di bandara hingga saat kegiatan tur di Makkah atau Madinah.

"Yang jelas, sampai di sana sudah ada teman mereka yang menjemput," jelasnya. Endro mengatakan perlu kecermatan baik dari biro umrah hingga pemerintah saat menerima pendaftar umroh.

Jangan hanya melihat secara finansial, mungkin bisa melakukan cek dan ricek saat kunjungan ke rumah jamaah. Namun, dia yakin jumlah TKI ilegal melalui biro umrah semakin berkurang. Apalagi ada aturan baru yang mewajibkan peserta umrah harus melewati verifikasi dari kantor kementerian agama setempat.

Sumber: http://jateng.tribunnews.com/2017/05/19/umrah-jadi-jalur-tki-ilegal-begini-cara-menghilang-saat-di-arab?page=2