Sebanyak 775 TKI Menunggu Dipulangkan, Kini Bimbingan Psikologis di Tanjungpinang

04 June 2017
ilustrasi ilustrasi Tribun Batam/Leo Halawa

BATAM.TRIBUNNEWS. COM, TANJUNGPINANG-Tenaga Kerja indonesia (TKI) asal Malaysia yang sebelumnya di deportasi pada kamis (1/6) lalu, kini TKI masih berada di Rumah perlindungan Trauma Center (RPTC) Kementrian Sosial RI di Tanjungpinang. Disana petugas Kementrian Sosial melakukan bimbingan psikologis.

Kini rencananya TKI yang berjumlah 275 orang itu akan dipulangkan ke kampung halamanya masing-masing via kapal Pelni di pelabuhan Sri Bayintan Kijang menuju Belawan Medan. Pihak RPTC telah merencanakan pemulangan dalam waktu dekat menunggu jadwal kapal Pelni merapat ke Pelabuhan Sri Bayintan Kijang.

Piter Matakena selaku ‎koordinator Pemulangan Kementerian Sosial Direktorat Rehabilitasi Sosial, Tuna Sosial dan Korban Perdagangan mengatakan bahwa pemulangan telah dipersiapkan. Dimana kapal Pelni tersebut telah menjadi langganan pemulangan TKI baik ke Belawan maupun pelabuhan Tanjungpriok Jakarta.

"‎Pekan depan kita pulangkan ke Belawan. Semua telah dipersiapkan menunggu kedatangan kapal Pelni tiba di Pelabuhan Sri Bayintan.

RPTC Tanjungpinang yang merupakan penampungan khusus dari Malaysia bertugas secara khusus memulangkan TKI dari Malaysia. Mereka merupakan para TKI bermasalah yang tidak memiliki dokumen lengkap sebagai TKI. Baik status Paspor sendiri dan juga izin kerja di luar negeri.

"‎Mereka kebanyakan paspornya sudah mati. Dan sebagian juga banyak yang tidak memiliki dokumen dan Permit juga mati," kata Piter lagi.

Lebih lanjut tugas RPTC hanya sekedar penampungan dan memfasilitasi pemulangan mereka ke beberapa tempat tujuan asal. ‎Lebih banyak para TKI ini dipulangkan ke Jakarta. Karena memang TKI didominasi masyarakat Jawa Hingga ke beberapa daerah lain seperti lombok, dan NTT.

"Pada Jumat ( 2/6) sebelumnya kita telah pulangkan sebanyak 466 orang ke Jakarta. Dilanjutkan hari berikutnya Sabtu (3/6) sebanyak 173 orang tujuan Pelabuhan Belawan Medan Sumatera Utara. Untuk tujuan Belawan merupakan para TKI asal dari pulau Sumatera, Aceh dan Riau," katanya. (*)

Sumber: http://batam.tribunnews.com/2017/06/04/sebanyak-775-tki-menunggu-dipulangkan-kini-bimbingan-psikologis-di-tanjungpinang