Pengiriman Puluhan TKI Ilegal Berhasil Digagalkan

07 March 2017
Pengiriman Puluhan TKI Ilegal Berhasil Digagalkan Foto: Suparno

Sidoarjo - 62 Calon TKI diduga ilegal yang akan diberangkatkan ke timur tengah berhasil digagalkan Satreskrim Polresta Sidoarjo. Mereka akan dipekerjakan sebagai pembantu rumah tangga (PRT).

Puluhan TKI dari berbagai daerah seperti Banten, Serang, Lombok, daerah Jawa Barat lainnya ditampung Suntoko (37), di Perum Graha Juanda Sidoarjo. 

Dari 62 calon TKI, 31 orang sebelum diberangkatkan ke negara tujuan sebelumnya ditampung di rumah Suntoko (37) dan 31 TKI lainnya ditampung di rumah Usman (41) di daerah Sedati. Para TKI diamankan, Senin (6/3) sekitar pukul 23.00 WIB, saat akan diberangkatkan ke negara tujuan. Mereka rencananya akan dipekerjakan sebagai PRT.

        Puluhan TKI yang akan berangkat ke timur tengah diamankan Foto: Suparno

"Tersangka Suntoko yang menampung TKI ilegal asal Banten, Serang, Lombok dan Jawa Barat, kami amankan karena penampungan TKI tersebut perseorangan atau tidak berbadan hukum," kata Waka Satreskrim Polresta Sidoarjo AKP Teguh Setiawan kepada wartawan, Selasa (7/3/2017).

Menurutnya, Suntoko hanya menampung untuk kepengurusan dokumen dan mempersiapkan penerbangan keberangkatan. Yang mempersiapkan adalah agen di Jakarta dan Lombok.

Teguh Setiawan menerangkan pengiriman TKI ke timur tengah sejak tahun 2011 sudah ada moratorium pelarangan, kecuali formal atau badan usaha yang sudah disahkan. Sementara di rumah tersangka tidak ada pelatihan khusus dan penampungan TKI yang dikelola oleh tersangka tidak berbadan hukum.

"Sejak tahun 2011 ada moratorium bahwa pengiriman TKI ke timur tengah dilarang terkecuali yang formal. Seperti yang sudah berbadan hukum. Sementara di rumah penampungan tersangka ini tidak berbadan hukum," terangnya.

Sementara petugas masih mengamankan mendalami paspor dan visa yang dimiliki calon TKI. Sedangkan sebagai tempat penampungan calon TKI, tersangka mendapat upah Rp 700 ribu per orang. 

"Tersangka akan dijerat pasal 102 ayat 1 huruf a dan huruf b UU RI No 39 tahun 2004 tentang Perlindungan dan Penempatan TKI di Luar Negeri dengan anccaman 10 tahun penjara," jelasnya. 

(fat/fat)

Sumber: https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-3440701/pengiriman-puluhan-tki-ilegal-berhasil-digagalkan